Selasa, 09 November 2010

Biologi: pembahasan tentang darah

Darah merupakan cairan yang berfungsi menghantarkan zat-zat makanan dan oksigen ke seuruh tubuh kita ketika kamu bernapas, kamu menghirup oksigen. Nah, oksigen tersebut di alirkan oleh darah dari paru-paru ke jantung. Kemudian di alirkan ke seluruh tubuh selain itu menjaga tubuh kita dari kuman-kuman penyakit.

a. jaringan darah, darah merupakan penyokong khusus karena berupa cairan.

darah yang kita lihat di dalamnya terdiri atas cairan darah dan sel-selnya berupa sel merah (entrosit), sel darah putih (leukosit),& keping-keping darah (trombosit). volume darah orang yang sehat adalalah 1/13 dari berat tubuhnya.
*fungsi

- sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen
- sel darah putih berfungsi untuk melawan benda-benda asing yang masuk ke seluruh tubuh.
- keping-keping darah berfungsi dalam proses pembekuan darah.
- plasma darah komponen terbesarnya merupakan air berperan mengangkut sari makanan dan hormon, serta zat sisa hasil metabolisme, antibodi dll

b. penggolongan darah
Apakah golongan darahmu ? golongan darah dapat di bagi menjadi 4 golongan yakni: A,B,AB,dan O. golongan darah O dsb donor universal karena dapat mendonorkan darah ke semua orang dengan golongan-golongan lain. gol. darah AB dsb resipien universal karena dapat menerima dari gol. darah manapun. donor adalah orang yang memberi darah, sedangakan resipien adalah orang yang menerima darah.

C. pembuluh darah
merupakan saluran yang di lalui darah. Pembuluh darah ada 3 yaitu :
a. pembuluh darah nadi (arteri)
b. pembuluh balik (vena)
c. pembuluh kapiler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar